100 Things Every Designer Needs to Know About People (Voices That Matter)

100 Things Every Designer Needs to Know About People (Voices That Matter)

B. Indonesia sumber daya alam berupa hutan yang lebat banyak terdapat di pulau
a.kalimanta b.sulawesi c.jawa d.sumatera

sumber daya alam berupa hutan yang lebat banyak terdapat di pulau
a.kalimanta b.sulawesi c.jawa d.sumatera

Jawaban:

A.kalimantan

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

A. Kalimantan

Penjelasan:

★Daerah² penghasil hutan terbesar di Indonesia :

1. Papua

Dengan luas wilayah total mencapai 40.546.360 hektare, Papua dan Papua Barat menjadi wilayah yang menyumbang hutan primer terbesar di Indonesia.

Pasalnya, masih banyak wilayah di Papua yang belum tersentuh oleh tangan manusia. Oleh karenanya, Papua menjadi andalan Indonesia sebagai wilayah penyumbang hutan paling luas di dunia mencapai 319 ribu km2.

2. Kalimantan Tengah

Area hutan di Kalimantan Tengah mencapai 153,6 ribu km2 atau 15.300.000 hektare sehingga menjadikan provinsi ini sebagai wilayah dengan hutan terbesar kedua di Indonesia. Kalimantan Tengah mempunyai hutan rawa gambut yang juga berupa taman nasional sehingga kaya flora dan fauna.

3. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur memiliki hutan yang sangat luas—mencapai 147,3 km2 atau 14.651.053 hektare dengan 60% lahannya merupakan hutan produksi. Bahkan, di provinsi ini, terdapat empat wilayah ekoregion penuh dengan hutan hujan.

4. Riau

Riau dan Kepri memiliki hutan berupa hutan mangrove, hutan lindung, konversi, cagar alam, hingga hutan produksi. Hutan produksi tersebut mendukung industri hasil hutan di provinsi ini. Luas hutan di Riau sendiri mencapai 9.456.160 hektare.

5. Kalimantan Barat

Kalimantan Barat memiliki hutan tropis dengan aneka ekosistem dan habitat dengan luas 9.101.760 hektare. Hutan tropis ini pun menjadi Taman Nasional Betung Kerihun dengan beragam flora dan fauna.

6. Maluku dan Maluku Utara

Kepulauan Maluku banyak memiliki hutan lindung dan hutan alam yang belum banyak tersentuh manusia. Luas hutan yang menjadi kebanggaan masyarakat lokal di provinsi ini bahkan mencapai 7.146.109 hektare.

7. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah memiliki area hutan paling luas jika dibandingkan dengan provinsi lain di Pulau Sulawesi dengan luas mencapai 4.394.932 hektare.

Semoga membantu ya Kak (◍•ᴗ•◍)❤

[answer.2.content]